Profil Program Studi PKK

Program Studi (Prodi) Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Keguruan dan IlmuĀ  Pendidikan (FKIP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta merupakan salah satu prodi lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa yang didirikan pada tanggal 9 Maret 1984 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 0138/0/1984. Prodi PKK FKIP UST Yogyakarta menempati kampus yang beralamat di Jl. Batikan Tuntungan UH III/1043 Yogyakarta. Visi Prodi PKK FKIP UST adalah Menjadi Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang Unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa.

Unggul berarti lebih dari yang lain. Keunggulan Prodi PKK yaitu menerapkan ajaran Tamansiswa dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan menjadi basis pembentukan identitas dan kepribadian manusia dan bangsa, oleh karena itu pendidikan harus dapat menanamkan semangat kebangsaan. Kekuatan Prodi PKK diantaranya adalah memiliki Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian yang sangat realistik dengan tahapan waktu yang sangat jelas yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Prodi PKK saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat, indikatornya adalah pengelolaan mutu secara internal di Prodi PKK telah berjalan dengan baik melalui mekanisme Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP), yang berdampak besar terhadap kompetensi dan mutu hasil belajar mahasiswa. Prodi PKK memiliki mahasiswa yang berprestasi baik ditingkat lokal, maupun nasional. Sebagian besar dosen dan tenaga kependidikan memiliki komitmen yang tinggi dan kompetensi yang sesuai dengan bidang tugasnya. Untuk mendukung pembelajaran, Kurikulum yang digunakan di Prodi PKK adalah Kurikulum KKNI dengan pembelajaran menggunakan sistem among (student centered learning). Semua mata kuliah dilengkapi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terstandar, karena Prodi PKK telah menerapkan standar mutu proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kenyamanan dalam kegiatan akademik dan non akademik, Prodi PKK dilengkapi sarana dan prasarana perkuliahan yang sangat lengkap meliputi laboratorium (lab) terpadu, lab pendidikan, lab PKK, lab tata boga, lab tata busana, sarana ibadah, lapangan olah raga, ruang kelembagaan mahasiswa dan perpustakaan dengan sumber pustaka yang lengkap. Perpustakaan yang digunakan Prodi PKK adalah perpustakaan pusat yang telah terakreditasi A dengan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Pada bidang penelitian, saat ini dosen prodi PKK produktif dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam berbagai jurnal dan prosiding. Selain itu peningkatan juga terjadi pada bidang kerjasama dengan pihak industri, hal ini menunjukkan bahwa Prodi PKK sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Prodi PKK dalam pelaksanaan kegiatannya masih mempunyai kelemahan antara lain belum semua indikator keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran terealisasi secara optimal, mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan penelitian dan PKM bersama dosen masih relatif sedikit, padahal kegiatan ini cukup strategis untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa di bidang penelitian pembelajaran PKK. Selain itu belum ada Karya Ilmiah dosen yang mendapat HaKI.

Meskipun demikian, ada beberapa peluang yang digunakan Prodi PKK antara lain minat lulusan SMK sederajat untuk kuliah menjadi guru semakin meningkat, hal ini dapat dimanfaatkan oleh Prodi PKK untuk promosi mahasiswa baru. Lulusan Prodi PKK mempunyai peluang untuk bekerja baik sebagai guru, wirausaha maupun penyuluh di masyarakat. Dalam pelaksanaan PKM khususnya untuk kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Prodi PKK mempunyai banyak kesesuaian dalam membantu meningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu adanya kesempatan untuk melaksanakan evaluasi diri secara rutin, dalam kegiatan reakreditasi oleh BAN-PT juga bermanfaat bagi bagi prodi untuk meningkatkan mutu. Faktor eksternal yang lain yang dapat dijadikan peluang diprodi pendidikan PKK yaitu banyak tawaran beasiswa dari pemerintah dan dari swasta yang dapat dimanfatkan mahasiswa. Penawaran Beasiswa studi lanjut juga dapat dimanfaatkan dosen untuk mengembangkan pendidikannya. Untuk mengatasi permasalahan pendanaan penelitian terdapat peluang diantaranya banyaknya tawaran program hibah yang dapat diikuti oleh Prodi PKK dan tawaran penelitian antara lain LP3M, Kopertis wilayah V, Pemerintah Kota, dan dari DIKTI.

Setiap kehidupan lembaga perguruan tinggi tentu tidak lepas dari adanya ancaman yang sewaktu-waktu timbul. Ancaman yang muncul adalah adanya perguruan tinggi lain yang mempunyai Prodi PKK sebagai kompetitor dalam menarik perhatian mahasiswa baru, dan Prodi PKK di perguruan tinggi lain tersebut sebagian mempunyai tata kelola yang efektif, fasilitas yang lebih lengkap, dan memiliki nilai akredreditasi yang lebih baik.

Berdasarkan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada, Prodi PKK telah menetapkan sejumlah strategi yaitu: 1) Optimalisasi pencapaian program kerja, 2) Mengembangkan program unggulan PKK pada potensi kearifan lokal/budaya daerah dengan berdasar pada ajaran Tamansiswa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemutakhiran ilmu pengetahuan, 3) Melaksanakan pembudayaan kegiatan ilmiah yang berskala regional, nasional, dan internasional, 4) Meningkatkan mutu lulusan melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan sarana penunjangnya dan 5) Meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi/dunia industri agar dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di masyarakat.